Beriklan Di Instagram Ads : Panduan Lengkap 2018

loading...
AQU4_T : #tutorial #tips #trik #sosialmedia
Sumber



Iɴsᴛᴀɢʀᴀᴍ ᴀᴅs adalah salah satu kegiatan advertising atau iklan melalui konten berbayar di Instagram untuk menjangkau audience yang lebih luas dan lebih ditargetkan. Instagram ads sendiri memang sering dimanfaatkan untuk meningkatkan brand exposure, traffic website, mengumpulkan leads baru. Jika Anda familiar dengan sales funnel, Instagram ads juga dapat membantu memindahkan leads yang sudah ada ke bagian bawah funnel yaitu pembelian.
Jangan lupa bahwa Instagram ads adalah platform visual, sehingga iklan dengan teks tidak akan menjadi pilihan utama dalam memasang iklan di Instagram. Anda membutuhkan gambar dan video untuk bisa menarik perhatian audience Anda jika Anda menggunakan Instagram ads.
Instagram ads sendiri sudah dipercaya untuk bekerja. Menurut Instagram sendiri, 60% pengguna Instagram mengatakan bahwa mereka menemukan produk-produk baru dari social media yang satu ini. Selain itu, 75% lainnya mengatakan bahwa mereka terinspirasi untuk melakukan sebuah action setelah mereka melihat postingan di Instagram.

Sama seperti Facebook ads, mengeluarkan sedikit uang untuk mempromosikan postingan Anda dapat membantu meningkatkan exposure untuk brand Anda. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengontrol siapa yang bisa melihat postingan Anda.

Cara Membuat Instagram Ads

Salah satu hal yang harus Anda ketahui tentang Instagram Ads adalah Anda membutuhkan akun Facebook untuk mulai membuat Instagram Ands Anda.
Ada lima cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai iklan di Instagram, yaitu melalui:
  • Aplikasi Instagram sendiri
  • Facebook Ads Manager
  • Facebook Power Editor
  • Facebook’s Marketing API
  • Instagram Partners
Dari kelima cara di atas, cara yang paling mudah untuk membuat sebuah iklan di Instagram adalah melalui Facebook Ads Manager.
Facebook Power Editor dan Facebook’s Marketing API akan lebih cocok digunakan bagi anda yang perlu membuat iklan Instagram dalam jumlah banyak di waktu yang bersamaan. Instagram Partners adalah untuk experts yang bisa membantu Anda membeli dan mengelola ads Anda sambil membuat konten untuk Anda.

Cara Membuat Instagram Ads Melalui Facebook Business Manager

Salah satu cara termudah untuk membuat Instagram Ads adalah melalui Facebook Business Manager. Berikut adalah cara-caranya:
Pilih Objektif Campaign Anda
Pilihan pertama yang akan Anda pilih adalah memilih objektif campaign Anda. Apa tujuan iklan Anda?
Facebook akan membantu menentukan format iklan Anda, bidding options, dan auto-optimization agar sesuai dengan objektif campaign Anda.
Ini adalah daftar objektif campaign yang tersedia di Facebook Ads Manager dan bisa digunakan untuk Instagram Ads:
  • Brand awareness
  • Local awareness
  • Reach
  • Traffic
  • Engagement
  • All installs
  • Video views
  • Lead generation
  • Conversions
  • Product catalog sales
  • Store visits
Berikan campaign Instagram Anda judul
Ketika Anda memberi nama untuk campaign Instagram Anda, jangan lupa untuk menambahkan range tanggal agar Anda bisa meng-track dan mengelola campaign Anda dengan lebih mudah nantinya.
Atur Target Audience
Di bagian pengaturan ini, Anda memiliki dua pilihan:
  • Buat target audience Facebook baru
  • Menggunakan audience yang sudah Anda buat sebelumnya
Jangan terburu-buru dalam menentukan target audience karena ini adalah salah satu element penting dalam memasang sebuah iklan. Target audience juga menentukan biaya iklan dan keberhasilan iklan Anda.
Atur penempatan iklan Anda
Anda memilih beberapa pilihan untuk meletakkan iklan Anda. Berikut adalah beberapa pilihannya:
  • Facebook News Feed (Mobile dan desktop)
  • Di bagian sebelah kanan Facebook
  • Instagram
  • Audience Network
  • Instant Articles
  • In-stream Video
Tentunya, untuk iklan ini, Anda akan memilih Instagram. Selain itu, Anda juga bisa memilih beberapa penempatan iklan untuk satu iklan. Berikut ini adalah beberapa penempatan iklan yang direkomendasikan oleh Facebook:
  • Brand awareness: Facebook dan Instagram
  • Engagement: Facebook dan Instagram
  • Video views: Facebook, Instagram, dan Audience Network
  • App installs: Facebook, Instagram, dan Audience Network
  • Traffic (for website clicks dan app engagement): Facebook and Audience Network
  • Product catalog sales: Facebook dan Audience Network
  • Conversions: Facebook dan Audience Network
Set up budget dan bidding iklan Instagram Anda
Mengatur dan menentukan budget dan bidding untuk iklan Instagram Anda adalah salah satu topik yang penting.
Dalam bidding iklan, prosesnya sama seperti lelang tetapi dalam hal ini, Anda ingin mendapatkan perhatian dari pengguna social media. Ada tiga faktor yang berkontribusi ke biaya advertising Anda:
  • Bidding iklan Facebook Anda. Semakin besar Anda mau membayar, Facebook akan semakin optimal dalam mendistribusikan iklan Anda. Anda bisa memasukkan angka yang Anda inginkan, tapi Anda juga bisa melakukan automatic bids. Dengan automatic bids, Anda memang akan mendapat harga yang lebih tinggi. Tetapi, semakin berhasil Ads Anda, semakin rendah harga biddingnya. Sehingga dengan automatic bids, Anda bisa mendapatkan distribusi iklan yang lebih optimal.
  • Relevance score. Setiap iklan yang Anda pasang di Facebook dan Instagram memiliki relevance score atau nilai relevansi. Facebook menilai relevansi dengan melihat reaksi yang didapatkan oleh ads itu sendiri – baik positif maupun negatif. Dari indikator ini kemudian Google akan mengatur relevance score Anda. Relevance score ini memiliki efek langsung ke biaya iklan Anda dan bagaimana Facebook memprioritaskan iklan Anda.
  • Estimated action rates.Facebook juga menentukan estimated action rates, yaitu estimasi apakah seseorang akan mengklik atau melakukan suatu action setelah melihat iklan tersebut.
Buat Instagram Ads Anda
Setelah semuanya, Anda perlu memilih format Instagram ads apa yang Anda inginkan. Instagram sendiri menyediakan 7 format Instagram Ads:
  • Single image ads – Ini adalah format ads yang paling sering digunakan. Anda hanya memerlukan sebuah gambar, caption gambar, dan tombol call-to-action (CTA).
  • Instagram carousel ads – Ini adalah format yang memperbolehkan Anda memilih sampai 10 gambar dan video.
  • Instagram video ads – Ini adalah format video atau GIF.
  • Slideshow ads – Dengan format ini, Anda bisa menggunakan sampai 10 gambar dan menambahkan music untuk membuat sebuah looping video.
  • Instagram lead ads – Format yang satu ini membantu mengumpulkan informasi berharga dari calon pelanggan tanpa membawa mereka keluar dari platform Instagram. Saat seseorang mengeklik iklan lead Anda, mereka akan dipandu ke laman baru dengan formulir prospek yang menanyakan nama dan detail kontak mereka (misalnya nama lengkap, alamat email, nomor telepon, dll.). Jangan lupa untuk menyertakan privacy policy karena Anda akan mengumpulkan data dari formulir ini.
  • Instagram stories image ads – Setelah Instagram menambahkan fitur stories pada aplikasinya, semakin banyak orang memanfaatkan Instagram stories untuk meletakkan iklan.
  • Instagram stories videos ads – Format Instagram stories videos memperbolehkan Anda mengunggah video berdurasi hingga 15 detik. Ini adalah salah satu cara yang menarik untuk menampilkan produk Anda, membangun branding Anda, dan menarik audiens Anda dengan mengingatkan mereka tentang penawaran Anda.
Setelah Anda memilih format ads yang Anda inginkan, jangan lupa untuk mengisi detail dari ads seperti Headline, Text, dan tombol call to action (CTA). Kemudian Anda bisa menggunakan Ad Preview Tool untuk melihat bagaimana Instagram Ads Anda akan muncul. Setelah Anda senang dengan hasilnya, klik tombol place order untuk mengirimkan iklan Anda untuk di-review dan di-publish oleh Instagram.

Cara membuat sebuah postingan promo di Instagram

Jika Anda ingin mempromosikan posting Instagram yang ada, cara tercepat dan termudah untuk melakukannya adalah melalui aplikasi Instagram itu sendiri. Namun, Anda tidak dapat menggunakan aplikasi untuk menyiapkan kampanye yang lebih kompleks atau mengubah detail dari postingan Instagram Anda sebelum mempromosikannya.
Sebelum Anda dapat mempromosikan Anda posting Instagram langsung di aplikasi, Anda harus mengisi beberapa persyaratan:
  • Anda perlu mengkonversi ke Profil Bisnis Instagram.
  • Anda harus menjadi Admin dari Halaman Facebook yang terhubung ke akun Instagram
  • Anda harus mengikuti Kebijakan Periklanan Facebook
Setelah Anda siap, berikut cara membuat promosi Instagram tanpa meninggalkan aplikasi:
  • Buka aplikasi Instagram Anda
  • Buka profil Anda
  • Pilih pos yang ingin Anda promosikan
  • Di bawah gambar pos, tap tombol promote
Setelah itu, Anda perlu melakukan hal-hal di bawah ini:
  • Pilih dari dua tujuan iklan yang tersedia: “Kunjungi Situs Web Anda” (Visit your Website) atau “Hubungi atau kunjungi bisnis Anda” (Call of visit your business)
  • Isi rincian promosi Andadengan mengatur hal-hal seperti Objective, Destination, Action Button, Audience, Budget, dan Duration. Lalu klik “Create Promotion”.
Simpulan
Sudah tahu kan sekarang bagaimana cara membuat iklan untuk Instagram? Dengan semakin berkembangnya social media, beriklan di social media memang menjadi suatu kebutuhan. Sekarang, hampir setiap platform social media membuka layanan advertising sehingga Anda bisa menjangkau audience yang lebih luas. Instagram adalah salah satu social media yang paling popular dan paling sering diakses oleh orang banyak. Tidak ada salahnya Anda mengiklankan produk atau jasa Anda di social media yang satu ini. Dengan tampilan visual yang menarik, Anda pasti bisa menemukan calon pelanggan atau bahkan pelanggan baru. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memulai beriklan di Instagram dan mendapat hasil yang memuaskan!
loading...

Komentar