The Black Road, Film Dokumenter Australia Tentang Aceh

loading...
Wikipedia

Sebuah film dokumenter Jurnalis Australia tahun 2005 yang menceritakan tentang Aceh sebelum Tsunami terjadi di Banda Aceh dan Seumelu Desember 2004 silam. 

Film "Black Road" sempat tayang di  TV Indonesia beberapa waktu, namun akhirnya Lembaga Sensor Film (LSF) melarang "Black Road" ditayangkan dengan alasan Film ''Black Road" memuat konten kekerasan dan menggambarkan kekejaman oknum Tentara Nasional Indonesia (TNI). Masyarakat dianggap belum siap menonton adegan-adegan kekerasan-demikian yang PaTik baca di Viva.co.id terbit tanggal 2 Desember 2009.
..Film ini direkam di Aceh dan berisi tentang perjuangan kemerdekaan Aceh dari Indonesia. Meski film ini awalnya berupa dokumenter televisi yang diproduksi untuk SBS di Australia, film ini sudah ditayangkan di berbagai festival film dan presentasi internasional. Film ini disambut hangat oleh penonton dan memenangkan banyak penghargaan, baik di tingkat Australia maupun internasional... -Baca Wikipedia; https://id.m.wikipedia.org/wiki/The_Black_Road
Film "Black Road" disutradarai oleh seorang Jurnalis objektif Australia, William Nessen. Awalnya William Nessen datang ke Aceh sebagai jurnalis cetak pada tahun 2001, Nessen tidak berencana untuk membuat film, namun membuat rekaman untuk dijual ke stasiun-stasiun televisi.

Sampai akhirnya William Nessen mendapat kepercayaan komandan ABRI di Aceh dan menikah dengan penerjemah kepercayaan ABRI, Sya`diah Syeh Marhaban yang menjadi mata-mata untuk Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Rekaman Nessen semakin banyak selama kurun waktu 2001 hingga 2003. Dan, muncullah ide untuk membuat film dan diberi nama "Black Road"

Film "Black Road" yang berdurasi 52 menit ini dapat pembaca tonton di youtube.com, berikut Patik lampirkan salah satu channel youtube yang memuat film "Black Road" karya William Nessen


Youtube Channel : ASNLF ATJEH
Judul : Aceh The Black Road 2005 TVRip
loading...

Komentar