Pdf; Kîmiyâ’ al-Sa‘âdah -Kimia Ruhani untuk Kebahagiaan Abadi- Imam al-Ghazali (450-505H)

loading...
AQU4_T : #PDF


Diterjemahkan dari Tʜᴇ Aʟᴄʜᴇᴍʏ ᴏꜰ Hᴀᴘᴘɪɴᴇss,
karangan al-Ghazâlî, terbitan J. Murray, London, 2001,
dengan merujuk pada edisi bahasa Arab, Kîᴍɪʏâ’ ᴀʟ-Sᴀ‘âᴅᴀʜ,
terbitan Dar al-Fikr, t,t.

Hak terjemahan Indonesia pada Penerbit Zaman
Penerjemah : Dedi Slamet Riyadi & Fauzi Bahreisy
Pewajah Isi : Siti Qomariyah
Jln. Kemang Timur Raya No. 16
Jakarta 12730
www.penerbitzaman.com
info@penerbitzaman.com
penerbitzaman@gmail.com

Pdf ini dapat di download di: [klik Google Drive]
Google Drive



Kᴀᴛᴀ Pᴇɴɢᴀɴᴛᴀʀ

  Ketahuilah, manusia tidak diciptakan secara main-main atau sembarangan. Ia diciptakan dengan sebaik-baiknya dan demi tujuan yang mulia. Meski bukan bagian dari Yang Kekal, ia hidup selamanya; meski jasadnya rapuh dan membumi, ruhnya mulia dan bers sifat ilahi. Melalui tempaan zuhud, ia sucikkan dirinya dari nafsu jasmani dan mencapai tingkatan tertinggi, tidak menjadi budak nafsu, dan meraih sifat-sifat malakut. Ia temukan surganya dalam perenungan tentang Keindahan Abadi dan tak lagi memedulikan kenikmatan badani. Kimia ruhani yang mampu menghasilkan perubahan seperti ini, layaknya kimia yang mengubah logam biasa menjadi emas, tak mudah ditemukan. Buku ini ditulis untuk menjelaskan kimia ruhani tersebut beserta metode operasinya. 

       Khazanah ilahi yang menuturkan kimia ini terkandung dalam hati para nabi. Siapa saja yang mencarinya di tempat lain pasti akan kecewa dan terpuruk di hari berbangkit, ketika dikatakan kepadanya:

... Telah Kami angkat tirai itu darimu, dan pandanganmu pada hari ini sangatlah tajam. (Q.50:22)

       Allah telah mengutus ke dunia ini 124 ribu orang nabi untuk mengajar manusia tentang resep kimia ini dan bagaimana cara menyucikan hati mereka dari sifat-sifat hina melalui zuhud. Jadi, secara ringkas dapat dikatakan bahwa Kimia Kebahagiaan adalah berpaling dari dunia untuk menghadap kepada Allah. Kimia Kebahagiaan terdiri atas empat elemen, yaitu pengetahuan tentang diri, pengetahuan tentang Allah, pengetahuan tentang dunia sebagaimana adanya, dan pengetahuan tentang akhirat sebagaimana adanya. 

       Mari kita jelajahi satu demi satu keempat elemen tersebut.[]



Klik download dibawah untuk unduh file PDF nya
Bagikan, dan semoga kita dapat menuai manfaat.

loading...

Komentar