Merdekalah tahun ini !

loading...














"ISI WAKTU KOSONG DENGAN BERBUAT"

   Orang-orang yang banyak menggagur dalam hidup ini, biasanya akan menjadi penebar isu dan desas desus yang tak bermanfaat. itu karena akal dan pikiran mereka selalu melayang-layang tak tentu arah, dan
{mereka rela berada bersama orang-orang yang tidak pergi berperang (Q.S. At-Taubah 87)}
   Singkatnya membiarkan diri dalam "kekosongan" itu sama halnya dengan membunuh diri dan merusak tubuh dengan narkoba.

   waktu kosong itu tidak ubahnya dengan siksaan halus ala penjara Cina; Meletakkan sinarapidana dibawah pipa air yang hanya meneteskan air satu tetes tiap menit selama bertahun-tahun. dan dalam masa penantian yang panjang itulah, biasanya seorang napi akan menjadi strees dan gila.

   Berhenti dari kesibukan adalah "kelengahan" dan waktu yang kosong itu adalah "pencuri yang culas". Adapun akal anda adalah mangsa empuk yang siap dicabik-cabik oleh ganasnya terkaman dua hal tadi; Kelengahan dan si pencuri.

   Karena itu bangkitlah sekarang juga, kerjakan shalat, baca buku, bertasbih, mengkaji, menulis, merapikan meja kerja, merapikan kamar, atau berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain untuk mengusir "KEKOSONGAN ITU".

   Bunuhlah setiap waktu kosong, dengan "pisau kesibukan". Dengan cara itu, doktor-doktor didunia akan berani menjamin bahwa anda telah mencapai 50% dari kebahagiaan. Lihatlah para petani, nelayan, dan para kuli bangunan ! Mereka dengan ceria mendendangkan lagu-lagu seperti burung-burung dialam bebas. Mereka tidak seperti anda yang tidur diatas ranjang empuk, tetapi selalu gelisah dan menyeka air mata kesedihan.

"JANGAN LATAH"

   Yakni, jangan mudah mengenakan dan meniru-niru umat lain. Karena itu, akan menjadi petaka yang tak mudah reda bagi kamu. Orang-orang yang lupa dengan dirinya sendiri, suaranya, gerakannya, tubuhnya, ucapannya, kemampuannya dan kondisinya sendiri, kebanyakan akan meniru-niru budaya bangsa lain. Dan itulah yang disebut Latah, mengada-ngada, berpura-pura dan membunuh paksa bentuk dan wujud dirinya sendiri.

[dicopy dari LA TAHZAN]
loading...

Komentar